Rabu, 18 April 2012

Friend or Foe ?

pernah ga sih liat temen kamu dihina atau dikerjain abis-abisan ? atau jangan-jangan kamu ikut jadi pelakunya ?
Oooppss .. jangan sampai ya kita ikutan melakukan bullying .



Apa sih Bullying ?
Bullying sendiri berasal dari kata bully yang artinya mengganggu orang lemah. Bullying bisa berupa penghinaan dari mulut (ejekan) sampai tindakan fisik berupa penganiayaan. Bullying nggak cuma terjadi di sinetron aja, di sekitar kita khususnya di sekolah, banyak banget bullying yang dilakukan oleh teman sendiri. dari zaman SD aja bullying udah ada. mulai dari menganggu teman yang so pamer, musuhin teman yang nggak mau meminjami mainan, dan masih banyak lagi.

SIDE OF BULLYING
Dari hasil penulusuran tary! di SMA atau SMK ternyata pelaku bully terbanyak dari pihak-pihak cewek lho. woww .. ini mengejutkan bukan ? lalu apa penyebabnya ?
-Gank
biasanya nih, bully terjadi gara-gara permusuhan antar gank, ada yang merasa kalau gank mereka paling tajir, paling cantik, atau bahkan paling pintar.

-Cinta
masalah cinta sering juga jadi penyebab adanya bully ,bisa karena rebutan cowok atau bahkan sebaliknya. naaahh .. korban bully jenis yang paling sering kena adalah cewek cantik tapi nggak kaya, wwaaahh... bakalan jadi sasaran empuk para bullyers.

-Pelajaran
masalah pelajaran juga bisa jadi penyebab adanya bully lho. dari yang pintar tapi pelit bagi-bagi ilmu sampai yang suka mengadu ke guru. murid seperti itulah yang paling sering menjadi sasaran bully, nggak peduli itu cewek atau cowok.

-Iseng
nah, kalo yang satu ini biasanya memang udah menjadi sifat bawaan para bullyers yang memang dasarnya rese.

BULLYING IN FACT ______--
kenapa sih orang-orang senang banget bullying ??
-Kepuasan
si pelaku ternyata punya rasa kepuasan tersendiri kalau bisa nge-bully orang lain. semakin si korban tersiksa, semakin puas pula para bullyers.

-Persamaan Tujuan
adanya persamaan tujuan antar pelaku bisa jadi penyebab bully, dari persamaan tujuan itulah muncul koloni-koloni yang berupa gank.

-Iri dan Dendam
biasanya tindakan bully tumbuh karena adanya rasa iri dan juga dendam pribadi. sehingga mereka ingin menjatuhkan orang yang mereka nggak sukai.

TIPS FROM TARY :)
1. biar bisa terhindar dari tindakan bully mulailah dari kita sendiri jangan suka bullying orang lain kalo nggak mau di-bully-in
2. karena kasus bully paling banyak berawal dari gank, jangan sampai kamu ikutan masuk gank.
3. bertemanlah sewajarnya, dan berperilaku sewajarnya juga.
4. jangan melakukan tindakan yang bisa memancing bully dari orang lain.

yang pasti jangan sampai kita juga ikut-ikutan jadi bullyers, okay :)
BE AWARE OF BULLYING !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar